Jumat, 09 Juli 2010

PELAJARAN PENCAK SILAT SETIA HATI TERATE

Pencak adalah Jurus – jurus serta langkah – langkah yang diajarkan Persaudaraan Setia Hati Terate menurut pola tertentu beserta segala variasinya.
Silat adalah Strategi penggunaannya atau seni pemakainya dalam sambung atau dalam melakukan suatu perkelahian.
Orang yang mahir pencaknya, mengerti benar jurus – jurus beserta langkah – langkah dan fariasinya dalam perkelahian belum tentu dapat mengembangkannya menurut situasi dan kondisi sehingga dapat memenangkan perkelahian itu.untuk dapat mahhir dengan sungguh – sung pencek silat Persaudaraan Setia Hati Terate harus tahu akan jurus – jurus dan langkah – langkah serta mempunyai daya cipta / fantasi yang luas ( banyak akalnya ) dan punya pegetahuabn tentang ilmu tubuh manusia.Dalam dari pada itu soal bakat tidak boleh diabaikan karena ini menyangkut soal berpikir dan mengambil keputusan dengan cepat .dan dari kesemuanya itu harus dipahami dan dimengerti semua dan juga masih perlu penyempurnaan soal stamina dan ketahanan mental(tidak gampang menyerah karena sangat erat hubungannya dengan kesehatan badan,memang secara timbal balik badan yang sehat akan menjadi wadah yang baik untuk perkembangan kemahiran mempelajari ppelajaran pencak silat dan sebaliknya latihan pencak silat akan menjadikan badan kuat dan sehat.Berarti secara kontinue sangat berguna bagi peningkatan kemahiran pencak silat.Jurus Jurus dan langkah – langkah dalam pelajaran pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate yang selaras dengan gerak hidup alamiah manusia mulai bayi sampai dewasa.
Tingkat I ( Trap 1 ) adalah lambang pertumbuhan sampai dengan akhir nalihgh ( 20 th ) dalam penyelesaian ini jurus 36 diberiokan khusus pada permulaan wejangan tingkat 1.
Tin gkat 2 ( Trap 2 ) mencerminkan usaha mulia dalam meningkatkan kedewasaan ( 40 th )
Tingkat 3 ( trap 3 ) adalah lambang pperkembangan jiwa yang telah mantab oleh karena itu dalam pelajaran jurus – jurus dan langkah langkah pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate jurus terakhir yang diberika ialah satu satu nya yang ada di tingkat 3 ( trap 3 ) tersebut,secara mental berarti.setelah diterima jurus ini,seluruh kemahiran pencak silat Persaudaraan Setia Hatoi Terate yang diajarkan harus diajarkan serta harus disimpan, dijaga Rapat – rapat agar tidak dopersalahgunakan,terkecuali apabila harus menghadapi soal hidup ataumati ( kepepet,tersusut secara mutlak )Dalam pada itu akan menjadi amat sangatlah jelas,mengapa setelah jurus tingkat 3 yang kemudia diberikan wejangan yang menuntun te ntang Ketauhidan yaitu penyerahan secara bulat yang ditujukan hanya kepada Alloh swt semata.

2 komentar:

  1. Mungkinkah sy seorang yg berumur 26 thun mampu belajar sampai ketingkat selanjutny, jika dlm selama ini pengetahuan sy tentang sh masih sngatlah minim. dan kepada siapa sy meti belajar akan kebenaran sh terate... trimaksih sblumny & maaf jika ada salah kata.

    BalasHapus
  2. domisili anda sekarang dimana??????

    BalasHapus